Senin, 11 Maret 2013

Memakai gergaji listrik Black and Decker

Berawal dari tugas anak-anak yang memakai papan/kayu, sebelumnya selalu memakai gergaji manual untuk memotongnya. Hasilnya selalu saja bergerigi dan tangan pegal-pegal. Akbatnya harus kerja extra untuk menghaluskannya memakai amplas dan menutup pinggirannya memakai lakban agar kelihatan rapi.
Kebetulan waktu main ke Ace Hardware, ada gergaji listrik yang harganya terjangkau, sekitar lima ratus ribuan. Mereknya Black and Decker, tipe KS700PE. Jenisnya Variable Pendulum jigsaw, mata gergajinya bisa diganti-ganti sesuai tujuannya. Maksud dari variable pendulum adalah kemiringan mata gergaji yang bisa diubah-ubah berdasarkan material yang akan dipotong. Selain itu sepatu gergaji bisa disetting untuk membuat potongan miring sampai 45 derajat, contohnya untuk membuat siku.



Percobaan pertama adalah memotong papan setebal 10 mm, bekas papan cor, kebetulan alas sangkar burung sudah keropos, sehingga harus diganti. Ternyata untuk memotongnya mudah sekali, tinggal arahkan mata gergaji ke garis yang sudah kita buat, dan jaga jangan sampai melenceng. Dibutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk menyelesaikan 1 alas sangkar burung ukuran 50 x 60 cm, praktis bukan?


Percobaan kedua masih dengan papan yang sama, tetapi untuk membuat tutup tempat sampah yang sudah dimakan rayap, dengan ukuran 30 x 32 cm, hanya diperlukan waktu 2 menit untuk memotongnya.


Spesifikasi Gergaji Listrik ini adalah sebagai berikut:
Power                     : 480 watt diawal, 30%-nya pada saat dipakai (menurut salesnya)
Speed                     : Variabel
Strokes                   : 0-3000/min
Bevel cut                : 0-45 derajat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar